Best Practice
PESERTA DIDIK MAMPU MENGANALISIS TEKS TANGGAPAN
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
DENGAN BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL
oleh :
Dwi Agus Aryadi, S.Pd.
Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Candimulyo
dwiagusaryadi713@gmail.com
PENDAHULUAN
Penggunaan model pembelajaran yang konvensional serta media pembelajaran belum inovatif membuat kemampuan peserta didik dalam menganalisis teks tanggapan tidak tercapai dalam tujuan pembelajaran. Sehingga penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan audiovisual dan aplikasi canva menjadi solusi agar dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis teks tanggapan. Menurut Dutch dalam Amir (2009:21), “Problem Based Learning (PBL) dikenal sebagai metode pembelajaran kolaboratif yang mempromosikan pemecahan masalah melalui diskusi kelompok”. Menurut Wina Sanjaya (2010:171), “media audiovisual adalah jenis media yang selain mengandung unsur suara juga mengandung unsur gambar yang bisa dilihat, misalnya rekaman video, film, slide, suara dan lain sebagainya”. Aplikasi canva digunakan sebagai alat visual untuk membantu peserta didik menyusun ide dan pemikiran mereka secara kreatif. Laporan ini mengambil fokus implementasi best practice pada Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab) angkatan ke-3. Laporan ini bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis teks tanggapan. Selain itu juga memberikan gambaran mendalam tentang konteks, urgensi, serta tujuan laporan yang akan diuraikan lebih lanjut.
PEMBAHASAN
Peserta didik kelas VII A belum mampu 100% dalam menganalisis teks tanggapan dikarenakan model pembelajaran, media pembelajaran dan asesmen belum diintegrasikan dengan berbasis IT. Maka praktik ini penting untuk dibagikan menjadi salah satu alternatif membantu peserta didik mampu menganalisis teks tanggapan sehingga meningkatkan motivasi belajar. Tanggung jawab serta peran pendidik menjadi fasilitator penting agar tujuan pembelajaran tercapai. Tantangan yang dihadapi yaitu media, model pembelajaran dan asesmen. Pihak yang terlibat pembelajaran antara lain kepala sekolah, rekan sejawat, dosen pembimbing, guru pamong dan peserta didik kelas VII A.
Langkah dan strategi menghadapi tantangan yaitu model pembelajaran menggunakan Problem Based Learning (PBL), media pembelajaran berbantuan audiovisual dan aplikasi canva untuk asesmen berupa asesmen diagnostik dengan pertanyaan pemantik dibuat tertulis, asesmen formatif dibuat lembar obsevasi kemahiran penggunaan aplikasi canva, dan asesmen sumatif bentuk soal yang bervariatif. Proses pelaksanaan pembelajaran terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terdiri dari 5 fase (orientasi, meneliti, investigasi, menganalisis, mengevaluasi) dalam fase orientasi penggunaan audiovisual ditayangkan berupa film, fase mengevaluasi menggunakan aplikasi canva sebagai sarana presentasi untuk menilai ketercapaian tujuan pembelajaran, dan diakhiri kegiatan penutup. Penggunaan sumber daya manusia, perangkat IT serta materi ajar dioptimalkan guna tercapainya tujuan pembelajaran.
Dari hasil evaluasi tujuan pembelajaran 100% tercapai dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan audiovisual dan aplikasi canva membuat peserta didik aktif, kreatif, berfikir kritis serta pembelajaran inovatif memberikan pengalaman baru tentang model pembelajaran juga membawa perubahan positif dalam dunia pendidikan.
KESIMPULAN
Dengan memperhatikan temuan dan analisis yang disajikan dalam laporan ini, penggunaan model pembelajaran serta media pembelajaran inovatif yang terintegrasi penggunaan IT dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan audiovisual dan aplikasi canva muncul sebagai praktik terbaik meningkatkan kemampuan menganalisis teks tanggapan dalam konteks pembelajaran. Model ini memungkinkan peserta didik untuk lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran, merangsang kreativitas, serta membangun pemahaman yang lebih mendalam terhadap materi menganalisis teks tanggapan.
DAFTAR PUSTAKA
Dewayani, Sofie. dkk. 2021.
Buku Panduan Pendidik Bahasa Indonesia Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Subarna, Rakhma. 2021.
Buku Panduan Pendidik Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Virgiana, Adhini. 2015. Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantu Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar
. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 6 (2), 27. https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/16087/2/T1_292011113 BAB% 20II.pdf. Diakses 26 Januari 2024.